Belum Terbukti

Pengelolaan Limbah B3 Ilegal di Jombang

17:38 Mar 18 2016 Kendalsari, Sumobito, Jombang Regency, East Java, Indonesia

Pengelolaan Limbah B3 Ilegal di Jombang
Description
Kepala Desa Kendalsari melakukan pengolahan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) secara illegal di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobio, Kabupaten Jombang. Limbah B3 yang dikelola adalah jenis Slag Aluminium. Apabila slag aluminium direaksikan dengan air, maka dapat menjadi racun atau menimbulkan bau gas yang memberi dampak langsung maupun tidak langsung. Limbah aluminium yang tidak diolah akan mencemari air, tanah, udara dan melalui emisi zat cair maupun zat berbahaya.
Menurut Dinas Kesehatan Jombang, adanya pengelolaan limbah yang tidak tepat di Desa Kendalsari, mengakibatkan wilayah desa kendalsari mengalami peningkatan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Hal tersebut karena limbah slag aluminium yang berbentuk butiran halus sangat mudah masuk kesaluran pernafasan. Selain itu limbah slag aluminium juga mengakibatkan rusaknya lahan pertanian serta tanaman.
Pengelolaan Limbah Slag Aluminium di Desa Kendalsari juga dilakukan oleh 136 perusahaan penghasil limbah terkait. Setiap pengelola tersebut dikenakan dana tiap bulan sebesar Rp.1.500.000. Dana tersebut diduga masuk ke dalam kantong pribadi Kepala Desa dan sebagian masuk ke kantong Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Jombang.
Kepala desa Kendalsari mengatakan, “kami sudah mendapatkan pengawasan dari badan lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Jombang.jadi saya sudah mendapatkan pengawasan itu.” Jelasnya.
Kalau dihitung dengan iuran perorang/bulan Rp.1.500.000 dengan jumlah pengelola 17 orang maka, tiap bulan kepala desa mendapatkan dana Rp.25.500.000. sebuah angka yang fantastis. Satu sisi nominal penghasilan kepala desa dari limbah B3 yang sangat besar berbanding terbalik dengan rusaknya pertanian, lahan pertanian, tanaman, dan ancaman penyakit terutama sesak nafas ( ISPA).
Terkait maslah Limbah B3 di Desa Kendalsari , Ketua Umum NGO-HDIS supriyanto mengatakan, ”Dugaan main mata tau sama tahu, sudah tercium oleh lembaga kami. Kami akan laporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan pertanian di Jakarta jika terjadi dan terbukti ada dugaan pembayaran tiap bulan maka Oknum BLH dan Kepala Desa bisa dipidanakan. Apalagi dengan tingkat kerusakan lingkungan dan ancaman kesehatan masyarakat.” Pungkasnya.

Sumber:

Jejakkasus. 2015. BLH Jombang dan Kades Kendalsari Tahu Sama Tahu Terkait 136 Pengelola Limbah B3 Tanpa Izin Akan Dilaporkan NGO [online]. dalam http://www.jejakkasus.com/berita/blh-jombang-dan-kades-kendalsari-tahu-sama-tahu-terkait-136-pengelola-limbah-b3-tanpa-izin-akan-dilaporkan-ngo-hdis-ke-klh/.[diakses 18 Maret 2016]
Additional Data

Kepercayaan: UP DOWN 0
Komentar-komentar
lsm jatim (Apr 19 2017)
info (siaga 1 )untuk pengusaha pengelolaahan limbah abu aluminium /mengangkut abu limbah aluminium yang akan dikirim/di kelolah di JOMBANG /MOJOKERTO JAWATIMUR.akan segera ditertibkan sesuai peraturan UU KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP.tindakan tegas dari petugas gabungan bagi pengelolah,pengangkutan walau biasa pakai jasa oknum aparat/pejabat tidak pandang bulu.dikarenakan sudah ada 2 pengusaha pengelolaan abu aluminium di wilayah JOMBANG sudah difonis hakim dan sekarang sudah mendekaM di jeruji besi JOMBANG.dari sekitar _+100 pengusaha yang terjerat hukum cuma 2 yang lain masih ber operasi mungkin bisa jadi ada main oknum.untuk itu mungkin Dari Team Gabungan bisa menertibkan sesuai aturan yang belaku di Negara kesatuan Indonesia.Team gabungan ini mungkin bisa jadi menggandeng Team SABER PUNGLI,dikarenakan ada keganjilan.
Leave a Comment
Nama:
Surel:
Komentar-komentar:
Kode Keamanan:
10 + 10 =

Laporan tambahan

Ribuan Ton Limbah Berbahaya Dibuang di Lahan Desa Kecamatan Trowulan, Mojokerto

17:31 Mar 18, 2016

Trowulan, Mojokerto, East Java, Indonesia, 4.16 Kms

Warga Medali Tutup Saluran Limbah Pabrik

23:52 May 21, 2014

Medali, Puri, Mojokerto, East Java, Indonesia, 6.61 Kms

PG Djombang Baru Cemari Sungai

17:40 Nov 03, 2015

Pesantren, Tembelang, Jombang Regency, East Java, Indonesia, 7.7 Kms

Kekeringan Di Jombang (2013)

22:16 Jun 13, 2014

Jombang, East Java, Indonesia, 8.4 Kms

Longsor Jombang Akibat Alih Fungsi Lahan

01:07 Feb 10, 2014

Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Bareng, Jombang, 9.72 Kms