Belum Terbukti

Mangrove Di Sampang Rusak

17:04 Feb 1 2016 Sampang , East Java, Indonesia

Mangrove Di Sampang Rusak
Description
Kondisi pohon mangrove yang terancam punah membuat Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono angkat bicara. Dia mendesak kepada sejumlah pihak agar tidak saling lempar tanggung jawab. Sementara maraknya penebangan pohon mangrove bagian dari minimnya pengawasan dan kurangnya sosilisasi terhadap masyarakat di sekitar tanaman mangrove.

"Saya sudah meminta kepada sejumlah dinas terkait, seperti dinas Kehutanan dan perkebunan, agar lebih gencar lagi melakukan sosialiasi pencegahan pengrusakan hutan mangrove. Namun, sampai sekarang tetap saja kami melihat ribuan pohon mangrove ditimbuni tanah dan ditebang," ujarnya, Jum'at (25/12/2015).

Dijelaskan Wabup, selain gencar melakukan sosialiasi pencegahan, ia juga menekan agar setiap tahun sejumlah dinas memprogramkan tanaman pohon mangrove. Hal itu dilakukan sebagai upaya penyelamatan terhadap keberadaan pohon mangrove yang terancam punah.

"Jangan saling lempar tanggung jawab, semua tim yang sudah dibentuk harus kompak dalam mencegah rusaknya tanaman pohon mangrove ini," paparnya.

Ditambahkan Wabup Fadhilah, ia sedikit terkejut ketika mendengar informasi tahun ini Dishutbun gagal menanam 20 ribu pohon mangrove.

Disisi lain, Wabup Fadhilah meminta kepada masyarakat sekitar tanaman pohon mangrove agar ikut menjaga dan merawat. Sebab, lanjut dia, terjadinya abrasi laut salah satu penyebabnya pengrusakan terhadap pohon mangrove.

"Sudah selayaknya kita menjaga, merawat dan melestarikan bersama, bukan malah sebaliknya, menebang dan menimbun pohon mangrove," pungkasnya.

Sekadar diketahui, tahun ini sedikitnya 20 ribu pohon mangrove gagal tanam. Dishutbun selaku leading sektor berasalan karena tahun ini tanaman pohon mangrove tidak lagi menjadi tanggung jawab dinasnya.

sumber : http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/255243/mangrove_sampang_rusak,_siapa_tanggung_jawab?.html#.Vq8tmJp95dg
Additional Data
Deskripsi Pihak-Pihak Yang Terlibat Krisis Ini (Kelompok Masyarakat, Komunitas,Pemerintah, Perusahaan, LSM, Ormas, Perguruan Tinggi dll): Wabup Sampang

Kepercayaan: UP DOWN 0
Leave a Comment
Nama:
Surel:
Komentar-komentar:
Kode Keamanan:
16 + 4 =

Laporan tambahan

Kekeringan di Sampang Semakin Meluas (2015)

14:51 Oct 31, 2015

Omben, Sampang Regency, East Java, Indonesia, 10.3 Kms

Tanah Retak Dan Ambles Bekas Galian Batu Bata Di Pamekasan

15:54 Jun 21, 2014

Pamekasan, East Java, Indonesia, 15.59 Kms

Kekeringan, Daerah Pamekasan Kekurangan Air

18:37 Nov 07, 2015

Pamekasan, Pamekasan Sub-District, Pamekasan Regency, East Java, Indonesia, 16.34 Kms

Konflik Lahan Garam Kembali Memanas

19:09 Apr 23, 2014

pandan, galis, Pamekasan, East Java, Indonesia, 21.03 Kms

Konflik Migas di Geger, Bangkalan, Madura

14:36 Apr 21, 2014

Lerpak, Geger, Bangkalan, 24.33 Kms